Sekretariat Badan Litbang Diklat Kumdil Dukung Penuh kegiatan Penyusunan Kebijakan Di Puslitbang Kumdil MA RI foto dok

Makasar, LensaWarna.com-Badan Litbang Diklat Kumdil (BLDK) Mahkamah Agung.go.id Pusat Penelitian dan pengembangan Hukum dan peradilan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Naskah Kebijakan, Naskah Kebijakan dan Naskah Urgensi Tahun Anggaran 2023 di hotel Claro pada tanggal 15 sd 17 Februari 2023.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, Dr. Andi Akram, SH., MH menandaskan pentingnya para koordinator penyusunan naskah Akadenmik, Kebijakan dan urgensi untuk mengikuti Bimtek ini yang sarat dengan materi materi tuntunan dalam menyusun naskah akademik, kebijakan dan urgensi dengan mengundang Narasumber Bapak Haris Faozan, Analis Kebijakan Utama, Lembaga Administrasi Negara.

Puslitbang Kumdil MA RI yang akan berubah menjadi Pusat Strategi Kebijakan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agumg RI mengambil peran signifikan dalam menentukan arah kebijakan Mahkamah Agung yang tentunya menjadi rujukan bagi para Stakeholder atau para pimpinan di Mahkamah Agung. Oleh karenanya, pola pengkajianni kebijakan saat ini hampir semuanya diusulkan oleh para pimpinan untuk dilakukan kajian secara serius dan mendalam agar menghasilkan kebijakan yang berpihak pada keadilan.

Sekretariat Badan Litbang Diklat Kumdil Dukung Penuh kegiatan Penyusunan Kebijakan Di Puslitbang Kumdil MA RI foto dok
Sekretariat Badan Litbang Diklat Kumdil Dukung Penuh kegiatan Penyusunan Kebijakan Di Puslitbang Kumdil MA RI foto dok

Saat ini tema kajian yang harus dirampungkan Puslitbang berjumlah 38 judul pengkajian yang harus selesai pada tahun anggaran 2023 ini dengan jumlah anggaran yang berjumlah 16 miliar.

Saat ini sudah 28 judul kajian yang sudah memiliki koordinator untuk segera dijalankan pasca kegiatan Bimtek ini. 28 judul kajian ini harus rampung pada bulan September ini. “Bila satu atau dua bulan ini sudah kelar proses pengkajiannya, harap dilaporkan ke kapuslitbang agar segera dilaporkan ke Pimpinan tertinggi Mahkamah Agung,” tandas Andi Akram.

Andi Akram mengharapkan agar seluruh kajian ini langsung dirasakan manfaatnya bagi Mahkamah Agung untuk segera dirancamg peraturannya bagi rasa keadilan masyarakat jadi tidak berlarut larut penyelesaiannya hingga berbulan bulan tanpa hasil yang signifikan.

Sekretaris Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung, Edy Yulianto, SH.,MH menyampaikan keseriusannya untuk mendukung penuh seluruh kegiatan Penyusunan Naskah Kebijakan, Akademik dan urgensi di Puslitbang Kumdil selama tahun anggaran 2023.

Beliau mengharapkan agar seluruh naskah kajian ini memberikan manfaat besar bagi seluruh kebijakan yang dihasilkan Mahkamah Agung dalam mewujudkan peradilan yang agung. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan dengan baik acara bimbingan teknis ini

Kapuslitbang mengucakan terimakasih kepada Sekretariat Badan Litbang diklat Kumdil yang telah memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Naskah Kebijakan, Naskah Kebijakan dan Naskah Urgensi Tahun Anggaran 2023 di hotel Claro pada tanggal 15 sd 17 Februari 2023. Beliau berharap agar kegiatan bimtek selanjutnya juga dapat berjalan sukses seperti sekarang ini. Dalam paparan singkatnya Narasumber kegiatan Bimbingan Teknis ini, Bapak Haris Fauzan, Analis Kebijakan Utama Lembaga Administrasi Negara RI menegaskan signifikannya kegiatan bimtek ini bagi seluruh koordinator Penyusunan Naskah Akdemik. Kebijkan dan urgensi dalam mendukung kinerja Mahkamah agung untuk menghasilkan kebijakan yang berpihak pada keadilan.

Oleh karena itu para koordinator diharapkan serius dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini memberikan cara piker baru dalam menyusun naskah kebijakan, naskah akademik dan naskah urgensi untuk disajikan ke para stakeholder Mahkamah Agung.

“hendaknya para koordinator memiliki komunikasi yang mumpuni dalam mengkomunikasikan hasil kajiannya ke para pimpinan Mahkamah Agung agar beliau merasa yakin akan naskah kebijakan maupun naskah akademik yang disajikan oleh para koordinator ini” tandasnya.

Kegiatan Bimbingan teknis ini ditutup oleh bapak Kapuslitbang Kumdil Mahkamah Agung, Dr. Andi Akram, SH, MH yang sungguh merasa bahagia karena kegiatan bimtek telah berjalan sesuai rencana.

Beliau berpesan agar sepulangnya dari kegiatan ini agar tim kajian yang telah ditetapkan dalam SK harus segera beraksi untuk mengamalakan bekal yang telah didapat dalam bimtek ini untuk menghasilkan kajian yang berdayaguna bagi kelangsungan kinerja Mahkamah Agung di masa mendatang. Selanjutnya seluruh peserta bimtek dan panitia melakukan sesi foto bersama di hotel Claro, Makasar, Sulawesi Selatan. Setelah sesi foto bersama menyantap hidangan makan malam yang telah disediakan di ruang makan hotel tersebut. (JLD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *