John N Palinggi foto Ist

Jakarta, LensaWarna.com– Presiden RI Joko Widodo telah mengirimkan Surat Presiden kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait pengajuan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Presiden Jokowi mengungkapkan alasan mengusulkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Calon tunggal Panglima TNI kepada DPR RI karena sosok Jenderal Agus memenuhi semua aspek untuk menjadi Panglima TNI.

DPR RI tentunya akan menindaklanjuti surat presiden tersebut dengan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI pada 14 November 2023. Jenderal Agus Subiyanto sebenarnya baru dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat oleh Presiden Jokowi pada 25 Oktober 2023.

John N Palinggi foto Ist 01
John N Palinggi foto Ist 01

Meski begitu,jam terbang karir militer Agus Subiyanto,jebolan Akademi Militer tahun 1991 dari kecabangan infanteri ini, memang terbilang patut diperhitungkan. Diantaranya,ada tiga jabatan yang telah diembannya sebelum menjadi KASAD,yakni Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Panglima Kodam 3 Siliwangi dan Komandan Paspampres.

Tidak hanya itu,sosok Agus Subiyanto pun sudah tidak asing bagi Jokowi. Pada 2009,ketika Jokowi masih menjabat Wali Kota Solo,Agus Subiyanto adalah Komandan Kodim 0735/Surakarta. Agus juga pernah menjabat sebagai Danrem 061/Suryakencana (Bogor) pada 2020 dimana wilayah yang masuk tanggung jawabnya termasuk Istana Negara Bogor. Lalu, Agus Subiyanto ditunjuk mengomandoi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) periode 2020-2021.

Pengamat Militer dan Intelijen,Dr. John N Palinggi,MM,MBA, yang dikutib resmi dari kanal YouTube Jakarta channel pada Minggu (12/11/2023) tidak setuju jika ada yang berpendapat pengajuan nama Calon Panglima TNI ke DPR RI dibilang terlalu cepat. Menurutnya,yang pernah menjadi Penatar Tingkat Nasional Manggala BP 7 dan Pengajar di Lemhanas ini,sudah tepat apa yang dilakukan Presiden Jokowi untuk mengajukan nama Calon Panglima TNI ke DPR RI.

Pasalnya,Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. John Palinggi yang juga Ketua Umum Asosiasi Rekanan Pengadaan Barang dan Distributor Indonesia (ARDIN) ini mengenal dekat sosok Jenderal Agus Subiyanto. Menurutnya,calon panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto adalah sosok yang rendah hati dan sederhana. Pun, jam terbang pengalamannya di militer menunjukkan bahwa Jenderal Agus Subiyanto sangat layak menjadi Panglima TNI.

Dr. John N Palinggi,MM.,MBA., yang merupakan Ketua Harian Badan Interaksi Sosial Masyarakat (BISMA) ini yakin ketika nanti Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI akan mampu bersifat netral dalam Pemilu 2024. Juga,Ketua Umum Asosiasi Mediator Indonesia (AMINDO) ini sangat yakin Jenderal Agus Subiyanto akan mewujudkan tentara profesional ril profesional yaitu menjadikan tentara yang terlatih,terdidik,diperlengkapi secara baik,tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis,dan dijamin kesejahteraannya,serta mengikuti kebijakan politik negara yang menganut prinsip demokrasi,supremasi sipil,hak asasi manusia, ketentuan hukum nasional,dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *